Casey Stoner Honda Luluhkan Rider Jorge Lorenzo Yamaha Di Laguna Seca.

Casey Stoner Honda Luluhkan Rider Jorge Lorenzo Yamaha Di Laguna Seca. Casey Stoner mampu finis terdepan di balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca, Senin (30/7/2012) dini hari WIB.

Hasil ini juga membuat Stoner memangkas selisih poinnya dari Lorenzo dan pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa di klasemen juara dunia MotoGP musim 2012.

Pada awal lomba, Lorenzo yang start dari posisi pertama mampu memimpin balapan untuk sementara, sedangkan Stoner dan Pedrosa sibuk saling salip demi memperebutkan posisi kedua.

Namun, pembalap asal Australia itu kemudian mampu mengambil posisi kedua, dan tak lama bisa memberi ancaman untuk Lorenzo yang tengah memimpin balapan. 

Honda pasangan Stoner dan Dani Pedrosa dan saat ini kejuaraan Lorenzo adalah pemimpin di kelas ras mereka sendiri semua, menyerbu jauh dari sisa pak dari awal.

Untuk beberapa saat di pertengahan balapan, Lorenzo berhasil dapat sedikit bernapas lega, tapi Stoner segera kembali menguntitnya, dan dengan 10 lap tersisa, Stoner sanggup memperpendek jaraknya dengan rider asal Spanyol tersebut.

Setelah itu Stoner mampu melewati Lorenzo dan mempertahankan diri untuk tidak disalip hingga finis. Ini juga menjadi kemenangan keempat Stoner tahun ini dan membuka pleuangnya untuk mempertahankan gelar.

Sementara itu, untuk podium ketiga ditempati rekan setim Stoner, Dani Pedrosa yang terpaut 7,633 detik dari The Kurri-Kurri Boy (julukan Stoner). Hasil buruk didapat pembalap Yamaha lainnya, Ben Spies yang gagal finis setelah hanya mampu melahap 21 lap.

Untuk posisi keempat dan kelima ditempati dua rider Tech 3 Yamaha, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Sedangkan rider Ducati, Nicky Hayden harus puas finis di urutan ke-6.

Hasil kurang beruntung diraih rekan setim hayden, Valentino Rossi, yang terpaksa meninggalkan balapan pada lap ke-29. Toni Elias dari Pramac Ducati juga gagal finis karena mengalami kecelakaan pada lap pertama.

Inilah hasil balapan MotoGP AS di Sirkuit Laguna Seca: 
 
Results - 32 laps: 

Pos Rider Team/Bike Time/Gap :

1. Casey Stoner Honda 43m45.961s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 3.429s
3. Dani Pedrosa Honda + 7.633s
4. Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 18.602s
5. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 18.779s
6. Nicky Hayden Ducati + 26.902s
7. Stefan Bradl LCR Honda + 28.393s
8. Alvaro Bautista Gresini Honda + 50.246s
9. Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1m18.993s
10. Karel Abraham Cardion Ducati + 1m22.076s
11. Randy de Puniet Aspar Aprilia + 1 lap
12. Yonny Hernandez Avintia FTR-Kawasaki + 1 lap
13. Colin Edwards Forward Suter-BMW + 1 lap
14. Ivan Silva Avintia Inmotec-Kawasaki + 1 lap

Retirements:
Valentino Rossi Ducati 29 laps
Ben Spies Yamaha 21 laps
James Ellison Paul Bird Aprilia 19 laps
Danilo Petrucci Ioda-Aprilia 18 laps
Mattia Pasini Speed Master Aprilia 11 laps
Toni Elias Pramac Ducati 1 lap
Michele Pirro Gresini FTR-Honda 0 laps

No comments:

Post a Comment