OS BlackBerry 10 Menjadi BlackBerry London

Foto-blackberry10
Persiapkan OS BlackBerry 10 Menjadi BlackBerry London. BlackBerry saat ini sedang menjadi perbincangan karena kemampuan OS-nya yang terbilang sangat lambat dalam perkembangannya. 

Sistem operasi yang terdapat pada BlackBerry dianggap tidak mampu bersaing dengan para kompetitornya saat ini yang cenderung mengalami perkembangan yang cukup cepat sehingga membuat OS BlackBerry semakin tertinggal.

Menyadari hal tersebut, RIM selaku produsen BlackBerry dikabarkan telah mempersiapkan sebuah sistem operasi baru yang telah ditambahkan dengan beberapa perbaruan dan fitur lain, yang disebut dengan OS BlackBerry 10. Namun hingga saat ini perangkat terbaru BlackBerry dengan OS BlackBerry 10 yang telah dijanjikan RIM tak kunjung hadir.

Seperti dirumorkan sebelumnya, perangkat BlackBerry pertama yang akan menggunakan OS BlackBerry 10 akan diberi nama sebagai BlackBerry London. Kabar terbaru yang diberitakan N4BB menyebutkan bahwa BlackBerry London akan diperkenalkan pada bulan Agustus mendatang.

Dan diperkirakan BlackBerry London akan dirilis secara resmi pada bulan Oktober 2012. Menanggapi banyaknya rumor yang beredar tersebut, Thorsten Heins, CEO RIM menanggapinya dengan santai. Heins menyatakan bahwa perangkat BlackBerry yang memakai OS BlackBerry 10 akan tersedia akhir tahun 2012.

Sementara itu beberapa gambar yang memperlihatkan tentang bentuk prototipe BlackBerry London sudah sejak lama beredar di dunia maya. Begitu juga dengan bocoran tentang antarmuka serta fitur yang nantinya terdapata pada OS BlackBerry 10.

Beberapa bocoran screenshot yang dilansir oleh situs teknologi Crackberry menunjukkan tampilan dari BlackBerry London beserta dengan fitur OS BlackBerry 10 yang dipakainya.

Salah satu hal yang menarik dari bocoran tersebut adalah antarmuka yang digunakan pada OS BlackBerry 10 mirip dengan tampilan yang ada pada BlackBerry Playbook.

Yang menjadi perbedaan adalah dengan ditambahkannya tiga icon  baru yang berfungsi sebagai tombol menu virtual yaitu telepon, pencarian, dan kamera. Namun perubahan ini dinilai cenderung mengikuti desain antarmuka yang digunakan oleh Apple iOS.

Selain itu hal lain yang bisa ditangkap dari bocoran tampilan tersebut adalah homescreen yang mendukung peletakan widget. Mirip dengan yang ada pada beberapa smartphone Android saat ini, di OS BlackBerry 10 juga terdapat empat widget, antara lain  cuaca, musik, telepon, dan peta. Fitur lainnya adalah universal inbox seperti yang terdapat pada BlackBerry PlayBook 2.0.

Diharapkan bahwa dengan dirilisnya perangkat baru dengan OS terbarunya tersebut RIM bisa lebih bersaing dengan kompetitor lain seperti Android Windows Phone dan Apple.

No comments:

Post a Comment