Ternyata Musik Sangat Efektif Atasi Hipertensi

Musik-Atasi-Hipertensi
Ternyata Musik Sangat Efektif Atasi Hipertensi. Menjalani aktivitas sambil mendengarkan lagu favorit memang mengasyikkan. Lagu pop, rock, klasik, hingga metal, setiap orang tentunya memiliki preferensi tersendiri.

Tak peduli apapun genre-nya, menurut studi, mendengarkan lagu favorit ternyata juga memiliki 3 pengaruh baik bagi kesehatan.

Berikut penjelasannya :
    • Menurunkan Tekanan Darah
Dalam sebuah studi yang diadakan di Italia, mendengarkan musik klasik, India, atau Celtic sambil bernafas perlahan selama 30 menit setiap harinya, dapat menurunkan kenaikan tekanan darah sistolik hingga empat poin. Efek yang mirip diperoleh dari mengurangi konsumsi garam.
    • Membuat Tubuh Rileks
Menurut penelitian dari Swedia membuktikan bahwa relaksasi dengan mendengarkan musik dapat menekan hormon kortisol dengan signifikan. Bahkan jika dibandingkan relaksasi yang Anda lakukan dalam kesunyian.  

Sementara menurut Group Health Research Institute di Seattle, mendengarkan musik sambil menarik nafas dalam-dalam terbukti memberi efek rileks, sama halnya dengan efek rileks yang Anda dapatkan dari pemijatan pada seluruh tubuh.

    • Meringankan Rasa Sakit
Jika Anda takut disuntik atau melakukan kegiatan lain yang dapat menimbulkan rasa sakit, atasi dengan mendengarkan musik.

Berdasarkan studi University of Utah, 143 sukarelawan yang menjadi sampel penelitian mereka terbukti dapat menahan rasa sakit saat disetrum sambil mendengarkan musik.

Menurut terapis musik, Joke Bradt, dalam hal ini musik berperan sebagai pengalihan yang efektif, "Musik pertama kali diproses di bagian medulla pada otak, yang juga mengatur fungsi dasar tubuh seperti bernafas dan denyutan jantun, ini menjelaskan mengapa musik berpengaruh terhadap fungsi kardio dan tekanan darah".

Musik juga mengurangi aktivitas pada amygdala  yang menjadi area terbentuknya emosi negatif, selain itu musik juga menstimulasi sistem neural yang memunculkan perasaan senang seperti yang didapat seseorang saat makan coklat.

7 comments:

  1. asalkan musiknya untuk didengar sendiri okelah, tetapi kalau suara musiknya dikerasin, apalagi ditengah malam...bisa-bisa tetangga yang jadi hipertensi saat mendengarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto

      hehehehee...musik trcipta selalu indah didengar mas, tapi kalo yang mas sebutkan tadi berati sengaja dikerasin, itu udah lain ceritanya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. KY pun suka juga dengar muzik

    ReplyDelete
    Replies
    1. @KY... denger musiknya apa denger lagunya??
      hhhehee

      Delete
  4. lama tak menyapa, mumpung masih suasana lebaran di bulan syawal, saya datang mengucapkan mohon maaf lahir batin, keep happy blogging always...salam kemerdekaan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogsOf Hariyanto... merdeka jg deh mas dan baru reply saya nih..
      maklum byk job project thx u..
      gak apa apa, yang penting amal...
      hhehehe...

      Delete