Gejala Stres: Efek Pada Tubuh, Perasaan dan Perilaku

Gejala Stres
Gejala Stres: Efek Pada Tubuh, Perasaan dan Perilaku. Gejala stres dapat mempengaruhi kesehatan, meskipun anda mungkin tidak menyadarinya. Anda mungkin berpikir penyakit yang harus disalahkan untuk sakit kepala yang mengganggu, insomnia atau produktivitas yang berkurang di tempat kerja. Tetapi stres sebenarnya bisa saja pelakunya.

Memang, gejala stres dapat mempengaruhi tubuh Anda, pikiran dan perasaan, dan perilaku Anda. Mampu mengenali gejala umum stres dapat memberikan informasi pada bagaimana untuk mengelolanya. Stres yang dibiarkan tak terkendali dapat berkontribusi pada masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Tentu saja, jika anda tidak yakin jika stres adalah penyebabnya atau jika Anda telah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan stres, tetapi gejala berlanjut, pergilah ke dokter. Dokter anda bisa memeriksa penyebab potensial lainnya yang mungkin menjadi penyebab keluhan-keluhan tersebut.

Juga, jika Anda memiliki nyeri dada, terutama jika itu terjadi selama aktivitas fisik atau disertai dengan sesak napas, berkeringat, pusing, mual, atau nyeri yang menjalar ke bahu dan lengan, sebaiknya anda mendapatkan bantuan darurat segera. Ini mungkin peringatan dari serangan jantung dan bukan hanya gejala stres.


Efek Umum Stress
Pada Tubuh
Pada Perasaan
Pada Perilaku
·      Sakit kepala
·      Ketegangan atau nyeri otot
·      Nyeri dada
·      Kelelahan
·      Perubahan dalam gairah seks
·      Gangguan perut
·      Masalah Tidur
·      Kecemasan
Gelisah
·      Kurangnya motivasi atau fokus
·      Lekas ​​marah
·      Kesedihan atau depresi
·     Kurang nafsu makan atau malah makan berlebihan
·     Kemarahan yang meledak ledak
·     Penyalahgunaan obat atau alkohol
·     Penarikan sosial
·     Merokok

No comments:

Post a Comment