Beberapa Tips Sederhana Hindari Nyeri Punggung

Nyeri-Punggung
Beberapa Tips Sederhana Hindari Nyeri Punggung. Sering merasakan nyeri punggung, mungkin Anda terlalu berat membawa beban tas. Atau duduk berjam-jam pun juga bisa menyebabkan nyeri punggung.

Sakit ini tidak dapat dianggap sepele, karena akan menggangu aktifitas kerja Anda.

Cara paling tepat untung menghindari nyeri ini adalah dengan memperkuat otot punggung. Berikut langkah-langkah latihan otot yang dapat Anda lakukan sebagai peregangan.

1. Hip Pembuka
Anda dapat melakukannya di sisi tempat tidur. Peregangan ini akan membantu memperkuat otot fleksor pinggul, mulai dari lower back atau punggung bagian bawah hingga tulang paha.

Cara: Berbaringlah telentang dan pastikan bahwa seluruh punggung Anda sudah sejajar dengan permukaan. Dengan menggunakan kedua tangan, tekuk lutut kiri kearah perut Anda. Tahan selama 10 detik dan biarkan otot-otot diregangkan. Kemudian, beralih ke kaki kanan. Lakukan cara ini dua set di setiap sisinya.

2. Side Peregangan
Target peregangan ini adalah otot punggung, tulang pinggul,dan tulang rusuk bawah. Anda hanya perlu berbaring di lantai atau permukaan yang datar dengan menggunakan matras.

Cara: Berbaringlah miring menghadap ke sisi kanan dan topang badan Anda dengan menggunakan lengan kanan. Luruskan kaki kanan Anda dan jangan biarkan bergeser. Kemudian tekuk kaki kiri dan arahkan ke bagian atas perut, sejauh yang Anda bisa hingga menyentuh lantai.

Perlahan angkat tubuh bagian atas berbarengan dengan bagian lengan kanan, hingga lurus. Hentikan ketika Anda mulai merasakan regangan dibagian sisi kanan pinggang. Lakukan dua set setiap hari secara bergantian.

3. L-Stand
Teknik ini dilakukan untuk meregangkan otot bagian bawah glutei (tiga otot besar pada bagian bokong) dan sendi pinggul. Teknik peregangan ini dilakukan menghadap meja atau permukaan setinggi paha Anda.

Cara: Berdiri sejajar di depan meja, lalu angkat kaki kanan Anda dan letakan seluruh bagian kaki kanan diatas meja membentuk L. Kemudian bungkukan tubuh Anda ke bagian depan. Lakukan cara ini setiap dua set secara bergantian.

No comments:

Post a Comment