Beberapa Tips Berkendara Mobil Saat Mudik

Beberapa Tips Berkendara Mobil Saat Mudik. Ritual wajib yang tidak bisa dilewatkan untuk Anda yang merantau ke kota besar menyambut libur Hari Raya Lebaran adalah mudik, orang-orang akan melakukan perjalanan jauh demi berlebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman.
Nah, apakah Anda berencana untuk pulang kampung dengan menggunakan mobil? Agar perjalanan Anda tetap nyaman dan aman.
1. Tune up
kendaraan sebaiknya dilakukan untuk “menyegarkan” kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh, jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.
2. Ganti Oli
Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan, salah satu alasannya adalah untuk mengurangi resiko overheating pada mesin.
Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila  menggunakan oli yang baru, semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating.
Terutama jika mobil yang dikendarai membawa penumpang dengan kapasitas penuh, melewati jarak tempuh yang panjang, melintasi kemacetan dan jalanan dengan kondisi yang buruk.
Untuk membantu mengatasi overheating pada mesin, sebaiknya menggunakan coolant untuk air radiator, dan yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi selang dan radiator itu sendiri.
3. Suspensi Kendaraan
Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh, ketika melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik.
Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat  membebankan suspensi, terutama suspensi belakang, hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima.
4. Ban
Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing, tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.  
“Banyak orang percaya kalau tekanan pada ban yang baik adalah 28 psi, namun kalau kendaraan berpenumpang penuh, tekanan ban dianjurkan 30-32 psi, dan seimbang untuk keempat ban, ban cadangan sudah pasti harus disiapkan.
Tekanan pada ban cadangan harus lebih tinggi dari ban yang dipakai, agar tekanan ban tidak kurang dari 30 psi ketika harus dipakai.
5. Rem
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem, rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. 
“Pastikan rem berfungsi dengan baik, ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik, Agar rem maksimal, menggunakan minyak rem dengan DOT yang memiliki grade yang tinggi. 
“Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4, biasanya standar grade kendaraan adalah DOT 3, tetapi DOT grade 4 memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperature, tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis.
 

2 comments:

  1. jangan lupa..sopir-nya juga harus dalam kondisi fit saat mengendarai..jadi tidak ngantuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto

      betul tuh mas, kondisi mobil fit sopirnya pun harus dalam kondisi fit juga :)

      Delete